Detail artikel

MOO … MOO … SERUNYA PERAYAAN IDUL ADHA 1440 H DI BAPAS BANJARMASIN


Banjarmasin (12/08), Lebaran Idul Adha 1440 H pada  tahun 2019 ini sangat bermakna bagi Bapas Banjarmasin secara umum dan bagi beberapa pegawai yang melaksanakan ibadah kurban secara khusus. Seekor sapi seberat 90 kg terikat dengan tenang di halaman belakang kantor Bapas Kelas I Banjarmasin pada hari Senin, 12 Agustus 2019. Sehari pasca lebaran Idul Adha, seluruh pegawai masuk kerja dengan diselingi kegiatan penyembelihan hewan kurban berupa sapi jenis Madura. Salah satu pegawai yang berkurban adalah Dra. Siti Nurul Dahliani yang akan melepas masa kerjanya dan menjalani purna bakti tugas sebagai pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Hewan kurban tersebut disembelih oleh Kaspul Anwar, seorang penyiar agama Islam dan penjagal hewan kurban yang berasal dari Pekauman, Banjarmasin Selatan. Guru Kaspul, biasa beliau disapa, juga merupakan seorang imam di langgar Raudatussaada dengan mudah menyembelih sapi yang berukuran besar tersebut. Dibantu 2 orang untuk merobohkan dan menguliti hewan tersebut, proses penyembelihan hewan kurban dapat berjalan dengan lancar.

Kaspul Anwar, S.H., seorang pegawai Bapas Kelas I Banjarmasin menuturkan bahwa penyembelihan hewan kurban ini merupakan tradisi yang sudah dijalani oleh Bapas Banjarmasin. “pemotongan hewan kurban tahun ini merupakan pemotongan yang kesekian kalinya dan sekaligus merupakan perpisahan dari seorang pegawai yang akan menjalani masa purna tugas” tuturnya.

-MTY-