Detail artikel

NEW NORMAL, NEW SIWALA. GIMANA SIH CARA MENGGUNAKANNYA?


Teknologi informasi menjadi salah satu aspek penting dalam sebuah perkembangan dan pertumbuhan sistem suatu organisasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu dan pengelolaan informasi. Teknologi informasi dimaksudkan untuk dapat membantu mempercepat pekerjaan yang dilakukan baik dari segi efektifitas maupun efisiensi pekerjaan.

Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin (Bapas Banjarmasin) menjadi salah satu Unit Pelaksana Teknis di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Kalimantan Selatan yang menjadi user dalam penerapan teknologi informasi, salah satunya adalah Sistem Informasi Wajib Lapor atau dikenal dengan SIWALA. SIWALA merupakan salah satu terobosan yang dilakukan oleh Bapas Banjarmasin untuk menunjang tugas dan fungsi pengawasan serta pembimbingan yang menjadi tusi utama Bapas Banjarmasin.

SIWALA hadir atas inisiasi dari Kepala Bapas Banjarmasin, Bagus Kurniawan, Amd. IP., S.Sos., MA yang dituangkan dan dibuat dalam Aktualisasi CPNS Muhammad Adetya Setiawan, S.Psi pada tahun 2018. SIWALA berkembang sepanjang perjalanan waktu dari akses penggunaan offline menggunakan kartu dengan barcode khusus menjadi dapat digunakan secara real time dan online dalam bentuk suatu aplikasi. SIWALA diperuntukkan bagi Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dan Klien Pemasyarakatan dalam penerimaan wajib lapor. Pembimbing Kemasyarakatan dapat memaksimalkan SIWALA untuk menerima wajib lapor Klien Pemasyarakatan dan membuat laporan bimbingannya sebagai bahan dalam mendapatkan angka kredit. Masyarakat umum juga dapat mengunduh SIWALA untuk  bahan informasi yang dibutuhkan dan hal ini sebagai langkah Bapas Banjarmasin dalam keterbukaan informasi tehadap publik. Saat ini, SIWALA hanya dapat diunduh di Playstore dan dapat digunakan dalam genggaman perseorangan maupun dibuka pada sebuah komputer atau laptop. SIWALA akan terus dikembangkan beriringan dengan kebutuhan organisasi.

TATA CARA PENGGUNAAN SIWALA

SIWALA dapat dicari dan diunduh di Playstore pada sebuah handphone berbasis android dan dapat juga diakses melalui komputer dengan alamat siwala.bapaskelas1banjarmasin.com baik untuk melakukan/menerima wajib lapor maupun untuk sekedar mengakses informasi terkait pembimbingan dan pengawasan yang dilakukan oleh Bapas Banjarmasin. Setelah SIWALA terinstal di handphone, silakan untuk mengaksesnya derngan cara berikut :

 1. Masyarakat

Masyarakat umum dapat mengakses informasi tentang Pembimbingan dan Pengawasan yang dilakukan oleh Bapas Kelas I Banjarmasin dengan melihat data statistik, profil Pembimbing Kemasyarakan dan jumlah Lapas/Rutan yang menjadi wilayah kerja Bapas Kelas I Banjarmasin.

 

 2. Klien Pemasyarakatan

 a. Klien Pemasyarakatan login pada menu Klien dengan menggunakan username berupa nomor kartu yang diterima pada hari pertama saat registrasi di Bapas Banjarmasin dan password standar yang dapat dirubah sewaktu-waktu.

b. Setelah login, akan muncul halaman beranda yang menampilkan informasi lengkap tentang identitas Klien Pemasyarakatan, data bimbingan (No. SK, Perkara/Pasal, asal Lapas/Rutan), jadwal wajib lapor, identitas PK (Nama, No. HP dan foto) dan jumlah wajib lapor yang bersangkutan maupun keterlambatan dalam wajib lapornya.

 

3. Pembimbing Kemasyarakatan

a. Pembimbing Kemasyarakatan login pada menu PK dengan memasukkan username berupa Nomor Induk Pegawai (NIP) dan password yang sudah diberikan kepada masing-masing PK.

b. Setelah login, akan muncul halaman beranda yang menampilkan beberapa menu. Untuk menerima wajib lapor Klien Pemasyarakatan yang menjadi bimbingannya, PK dapat mengklik menu “Klien” lalu pilih “Daftar Klien”.

c. Dalam menu “Daftar Klien” terdapat banyak nama Klien Pemasyarakatan yang menjadi bimbingannya dan PK dapat memilih Klien Pemasyarakatan yang akan wajib lapor.

d. Setelah memilih dan menemukan nama Klien Pemasyarakatan yang dimaksud, PK dapat mengklik tombol “Ubah” yang berwarna hijau untuk menginput data wajib lapornya.

e. PK dapat mengisi data wajib lapornya pada hari tersebut dan mengisi jadwal lapor berikutnya serta melampirkan foto bersama antara PK dan Klien Pemasyarakatan sebagai verifikasi wajib lapornya kemudian simpan.